May 9, 2021

truhealthonline.com

Informasi Seputar Kesehatan

Apa Saja Keunggulan Vitamin C Untuk Kesehatan ?

Apa Saja Keunggulan Vitamin C Untuk Kesehatan ?

Berita Terbaru – Vitamin C (alias asam L-askorbat) adalah salah satu vitamin yang paling banyak dibicarakan. Nutrisi ini mendapat perhatian khusus karena potensinya yang meningkatkan kekebalan. Tetapi menggembar-gemborkan kemampuan vitamin C untuk memperpendek flu biasa hanya menggores permukaan perannya dalam tubuh. Antioksidan ini tidak secara alami dibuat oleh tubuh, jadi sangat penting untuk mendapatkannya dari makanan kaya vitamin C, menurut Mayo Clinic . “Vitamin C dapat ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk paprika merah dan hijau, buah jeruk, kiwi, brokoli, tomat, dan kubis Brussel,” kata Tamar Samuels, RDN, salah satu pendiri Culina Health di New York City. wanita membutuhkan 75 miligram (mg) vitamin C per hari, dan pria dewasa membutuhkan 90 mg, menurut National Institutes of Health (NIH). Berikut inilah beberapa keunggulan vitamin c antara lain :

Vitamin C Merangsang Sintesis Kolagen
Tubuh bergantung pada vitamin C untuk sintesis kolagen, yang ditemukan di jaringan ikat di sekitar tubuh, menurut NIH. “Kadar vitamin C yang cukup sangat penting untuk produksi kolagen,” kata Samuels. “Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh dan memainkan peran penting dalam jaringan ikat seperti yang ditemukan di organ kita dan tentu saja rambut, kulit, dan kuku kita.”

Anda mungkin tahu kolagen sebagai penyelamat anti-penuaan kulit seperti yang digambarkan oleh beberapa ahli kesehatan dan kecantikan. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada September 2015 di Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menemukan bahwa mengoleskan vitamin C secara topikal ke kulit dapat meningkatkan produksi kolagen dan kulit tampak lebih muda. Peningkatan sintesis kolagen juga berarti vitamin C membantu penyembuhan luka, menurut Oregon State University.

Vitamin C Dikombinasikan Dengan Zat Besi Menghasilkan Penyerapan Lebih Baik
Kelebihan lain dari vitamin C adalah bagaimana ia berinteraksi dengan vitamin dan mineral lain dalam tubuh, seperti zat besi. Zat besi mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang tepat, membantu kemampuan tubuh untuk mengirimkan oksigen ke seluruh tubuh, dan membantu membuat hormon tertentu, menurut NIH. Zat besi nonheme, yang merupakan jenis zat besi yang ditemukan pada tumbuhan, dapat sulit diserap oleh tubuh, tetapi mengonsumsi vitamin C (dan idealnya zat besi heme, yang umumnya ditemukan dalam daging dan makanan laut) bersamaan dengan penyebab zat besi nonheme. penyerapan yang lebih baik, menurut Harvard Health Publishing.

Berperan dalam Meningkatkan Fungsi Otak
“Vitamin C juga berperan dalam sintesis neurotransmitter dan fungsi kognitif,” kata Samuels. Neurotransmitter penting untuk mengirimkan pesan dari otak ke seluruh tubuh, menurut University of Queensland, di Australia. Dan lebih banyak vitamin C dapat dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan pada September 2017 di Nutrients menemukan konsentrasi vitamin C yang lebih tinggi pada peserta penelitian yang secara kognitif utuh dibandingkan dengan mereka yang mengalami gangguan kognisi.

Sifat Antioksidannya Membantu Menjaga Terhadap Penyakit Kronis
Banyak manfaat vitamin C dapat ditelusuri ke sifat antioksidannya. “Antioksidan bertindak untuk menetralkan radikal bebas, zat yang mudah menguap dan berbahaya yang diproduksi dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan,” kata Samuels. Menurut Mayo Clinic, antioksidan dapat melindungi dari perkembangan kondisi kesehatan yang serius, seperti kanker atau penyakit jantung. Lebih banyak penelitian – terutama yang melibatkan partisipan manusia – diperlukan, bagaimanapun, untuk menunjukkan apakah vitamin C secara khusus dapat mencegah kanker atau penyakit kardiovaskular, menurut Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan.

Vitamin C Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Mungkin manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah efek positifnya pada sistem kekebalan. Dalam ulasan yang diterbitkan pada November 2017 di Nutrients, vitamin C ditemukan mendukung sistem kekebalan dengan melindungi dari stres oksidatif, membantu pembunuhan mikroba, dan mengurangi potensi kerusakan jaringan. Kekurangan vitamin ini telah terbukti meningkatkan laju infeksi. Tidak mungkin bahwa mengonsumsi vitamin C setelah Anda mulai mengendus akan mencegah Anda masuk angin, tetapi ini dapat membantu Anda pulih lebih cepat, menurut tinjauan sebelumnya.

Vitamin C Dapat Meningkatkan Pengobatan Kanker
The Mayo Clinic mencatat bahwa makan makanan yang diisi dengan buah-buahan dan sayuran kaya vitamin C tampaknya mengurangi risiko jenis kanker tertentu, tetapi penelitian tidak jelas tentang apakah itu terkait langsung dengan kandungan vitamin C atau hasil dari mengikuti a diet sehat secara lebih umum. Secara keseluruhan, penelitian tentang peran vitamin C dalam pencegahan kanker tidak meyakinkan. Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada November 2015 di Korean Journal of Family Medicine, misalnya, menetapkan bahwa tidak ada hubungan antara suplemen vitamin C dan pencegahan kanker, tetapi tampaknya vitamin C dapat membuat radiasi dan kemoterapi lebih efektif jika diminum secara ekstra tinggi. dosis, menurut Mayo Clinic. Sebuah studi Februari 2019 yang diterbitkan dalam Anticancer Research menemukan vitamin C dosis tinggi membantu melawan sel kanker payudara bila dikombinasikan dengan obat anti kanker. Satu peringatan besar: Para peserta studi menerima vitamin C dosis sangat tinggi yang seharusnya tidak diharapkan orang melalui diet dan suplemen di rumah. “Saya merekomendasikan berbicara dengan ahli onkologi tentang pengalaman mereka dengan hasil akhir pasien,” Samuels menyarankan bagi mereka yang tertarik pada kemungkinan manfaat. “Biasanya, hasil bergantung pada jenis kanker individu, tingkat keparahan kanker, dan status kesehatan secara keseluruhan.”

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya!